Senin, 27 Januari 2014

PERTIMBANGAN APA KALIAN MEMILIH MAKANAN CEPAT SAJI

GERAI HOKA HOKA BENTO







Disusun Oleh

Rohadi Setiawan (13209838)

Windy Ayu Gusminar (13209121)






Universitas Gunadarma

2014



Hoka Hoka Bento atau kadang disingkat Hokben adalah jaringan restoran 

waralaba makanan cepat saji yang menyajikan makanan Jepang yang berbasis di 

Jakarta, Indonesia. Hingga kini, Hoka Hoka Bento memiliki 141 gerai yang tersebar 

di pulau Jawa dan Bali. Nama Hoka Hoka Bento sendiri berasal dari bahasa Jepang 

yang berarti "bento hangat".



Sejarah 

Pada tanggal 18 April 1985, Hoka Hoka Bento pertama kali didirikan dibawah

naungan PT. Eka Bogainti. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1985 di Jakarta 

oleh Hendra Arifin.

Pusat. Hoka Hoka Bento menyajikan makanan Jepang yang variatif, higienis, cepat 

saji dengan harga relatif terjangkau serta suasana yang nyaman. Hal ini menjadikan 

Hoka Hoka Bento sebagai restoran dengan konsep “Japanese Fast Food” terbesar 

di Indonesia.

Hendra sebagai pemilik PT Eka Bogainti tertarik mengembangkan restoran 

cepat saji ala Jepang karena pada 1985 konsep itu belum ada di Indonesia. 

Ia pun melakukan studi banding ke Jepang dan kemudian membeli izin untuk 

menggunakan merek dan asistensi teknis Hoka Hoka Bento di Indonesia. Awalnya, 

Hoka Hoka Bento di Jepang berbisnis makanan take away (pesan ambil/bawa 

pulang). Kini, Eka Bogainti memiliki penuh hak cipta atas merek merek Hoka Hoka 

Bento. Sementara itu, usaha serupa dengan merek sama yang ada di Jepang sudah 

tidak ada lagi. Meski menawarkan masakan Jepang, kepemilikan merek Hoka Hoka 

Bento adalah 100 persen dimiliki warga negara Indonesia.[2]

Pada tahun 1990 Hoka Hoka Bento pertama kali membuka restoran di luar Jakarta, 

yaitu di Bandung. Hingga kini terdapat 17 gerai di kota ini. Hoka Hoka Bento 

pertama kali membuka gerainya di Surabaya pada tahun 2005, dan hingga kini 

terdapat 13 cabang di Surabaya. Pada 2008 dibuka pula gerainya yang pertama di 

kota Malang. Pada tahun 2010 Hoka Hoka Bento mengembangkan sayapnya ke 

wilayah Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Bali.


Produk 

Hoka Hoka Bento menyajikan berbagai makanan Jepang cepat saji, akan tetapi 

tidak seperti cara penyajian restoran cepat saji pada umumnya, gerai restoran ini 

[1]

 Dengan restoran pertama berlokasi di Kebon Kacang, Jakarta 

disusun memanjang seperti bufet kafetaria di mana pelanggan bergerak sepanjang 

meja bufet baja antikarat berpemanas, sambil memilih berbagai jenis pilihan 

makanan, minuman dan hidangan penutup. Hoka Hoka Bento menyajikan baik 

menu satuan a la carte atau paket.

Restoran ini menyajikan berbagai masakan Jepang populer, mulai dari tumisan 

(seperti yakiniku, teriyaki, burakkupeppa dengan pilihan daging sapi atau ayam) 

gorengan (seperti katsu; ekkado; ebi furai; spicy chicken; tori baaga; serta kani, egg 

chicken, dan shrimp roll), sukiyaki, shumai, gyoza, hingga salad dan sup (seperti 

sukiyaki, chicken tofu nana sen, shrimp ball nana sen) baik satuan maupun paket. 

Selain itu tersedia pula Tori Pop Corn dan minuman dan hidangan penutup khas 

seperti konyaku dan lemonade nana sen, es ogura, koori konyaku, dan puding.

Meskipun menampilkan diri sebagai restoran Jepang, tetapi masakan Jepang yang 

disajikan di restoran ini telah disesuaikan dengan selera Indonesia, misalnya rasa 

yang lebih kuat dan juga menyajikan sambal manis pedas yang digemari orang 

Indonesia. Restoran ini memang dirintis dan dimiliki oleh orang Indonesia, bukan 

Jepang, sehingga memang tidak menawarkan masakan Jepang otentik.

Hoka Hoka Bento juga menawarkan paket makanan untuk anak-anak yang disebut 

Kidzu Bento dengan menyertakan mainan, serta paket pesta ulang tahun di gerai 

restoran mereka. Baik logo maupun mainan yang ditawarkan biasanya berdasarkan 

maskot Hoka Hoka Bento.

Ala Carte

Package

Soup & snack

Dessert & drink

Kidzu Bento

Maskot Hoka Hoka Bento adalah sepasang karakter anak-anak dengan gaya 

gambar manga Jepang, yaitu Taro; anak laki-laki dengan baju berwarna biru, dan 

Hanako; anak perempuan berbaju merah. Kedua karakter ini menjadi logo sekaligus 

maskot restoran ini.





KESIMPULAN

Kelebihan

• Harga yang terjangkau

• Menyediakan berbagai banyak variasi menu beserta harganya

• Tempatnya in door dan out door

• Pelayanan yang bagus dan cepat

• Jumlah porsi dan banyaknya makanan dan minuman dalam satu porsi

• Keramahaan pelayan melayani konsumen selama proses pembelian

• Penampilan pelayanan seragam yang bersih dan sopan

• Kecepatan transaksi dalam melayani pembayaran konsumen

• Kebersihan restoran meliputi kebersihan ruangan tempat makan, toilet dan 

wastafel

• Promosi dirancang untuk mendorong pembelian suatu produk yang 

ditawarkan kepada konsumen

• Temperatur ruangan yang memberikan kenyamanan bagi konsumen

• Adanya alunan musik yang dapat didengar oleh konsumen pada saat berada 

di Hoka Hoka Bento 

• Kemasan untuk dibawa pulang yang simple 

Kekurangan

• Tempat kurang besar

• Tidak menyediakan fasilitas WIFI

• Tidak bisa berlama-lama




Daftar Pustaka

http://id.wikipedia.org/wiki/Hoka_Hoka_Bento

http://wildanrenaldi.wordpress.com/2013/10/12/daftar-harga-hoka-hoka-bento/

http://wienwindy.blogspot.com/2014/01/tugas-3-softskill-perilaku-konsumen.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar